Kamis, 27 Mei 2010

Uniknya Siput Raksasa Dari Afrika

Siput Raksasa Afrika adalah jenis siput terbesar di planet ini, dengan cangkang yang bisa tumbuh sampai 30 cm dan 15 cm diameter. Habitat aslinya di hutan tropis Ghana, Afrika.

Siput Raksasa Afrika hidup dalam kondisi tropis, tanpa musuh alami. Setiap siput dapat menghasilkan sampai dengan dua ratus telur per tahun. Fakta ini menjadi masalah bagi penduduk sekitar yang besar jumlahnya.
Dimanapun koloni dari siput raksasa ini berada, semua spesies lain dari siput pohon pasti punah. Nafsu tak terpuaskan mereka untuk menyantap jenis tanaman dan buah-buahan, membuat hama Siput raksasa Afrika, menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu di tanah air mereka. Di beberapa tempat bahkan ditemukan fakta bahwa siput-siput ini juga memakan semen dan cat bangunan.

Mereka adalah makhluk hermaprodit dan juga produktif dalam berkembang biak. Sepasang siput bisa menciptakan 8 sampai 10 juta koloni dalam waktu 5 - 7 tahun masa hidup mereka. Selain itu mereka juga cukup tangguh dalam beradaptasi. Mereka bisa mengubur diri hingga 6 bulan lamanya jika iklim di sekitar mereka sdang tidak mendukung.
Sementara mereka dianggap sebagai parasit di Afrika, di Dunia Barat, siput raksasa Afrika ini adalah beberapa hewan peliharaan yang paling didambakan di oleh para pencinta hewan, karena kecerdasan mereka dan kemampuan untuk mereproduksi suara.

Sumber : http://apakabardunia.com/post/unik_aneh/uniknya-siput-raksasa-dari-afrika

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar