Selasa, 30 Maret 2010

Tips Menjaga Agar Makanan Tetap Segar

Sering kali buah-buahan dan sayuran anda cepat membusuk sebelum sempat diolah atau di santap. Jika memang anda mengalami hal seperti itu, biasanya akibat cara penyimpanan makanan yang kurang tepat.

Padahal kesegaran buah dan sayuran sangatlah penting, karena sebagai bahan makanan yang sangat berpengaruh terhadap kelezatan makanan dan kesehatan tubuh. Untuk itu, ada beberapa tips cara penyimpanan makanan agar tetap selalu segar.

1. Untuk buah dan sayuran tropis seperti mangga, alpukat dan pisang sebaiknya jangan anda simpan di dalam kulkas. Karena akan menjadi lebih cepat busuk atau bonyok.

2. Buah-buahan yang mengeluarkan gas alami seperti aprikot, peach dan pir dapat menyebabkan buah dan sayuran yang berada didekatnya lebih cepat matang. Sedangkan brokoli, bunga kol, timun dan wortel termasuk buah yang cepat berpengarung. Sebaiknya anda menyimpannya dengan terpisah agar tidak cepat membusuk.

3. Jika anda menyimpan salad di kulkas, sebaiknya cuci sayuran dan keringkan, kemudian simpan didalam wadah yang ditutupi kain lembab. Ini akan menjaga kesegaran salad lebih tahan lama.

4. Untuk menjaga kesegaran rempah-rempah, sebelum anda memasukan kedalam kulkas, keluarkan terlebih dahulu dari kemasannya. Kemudian gulung dengan tisu dapur yang telah dipercikan air, lalu lapisi dengan plastik pembungkus makanan.

5. Jangan pernah membungkus makanan yang berkadar asam tinggi seperti tomat iris, jeruk atau sawi dengan alumunium foil. Karena akan mempengaruhi rasa buah dan sayuran

Sumber : http://www.rmblitz.com/index.php?q=mod&modblitz=curhat&id=111&page=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar