Rabu, 17 Maret 2010

Kue Dewa Sambut Tahun Baru China

DEWA dapur akan memberikan penilaian dan melapor kepada Kaisar Giok di surga tentang rasa kue Nian Gao. Semakin manis kue itu, maka semakin tinggi penilaian yang diberikan. Bila kue itu lengket akan membuat mulut dewa dapur melekat sehingga yang dapat dilaporkannya hanyalah sebuah senyuman. Itulah penggalan cerita para leluhur orang Tionghoa. Kini aneka kue dan hidangan dalam cerita tersebut disajikan khusus untuk merayakan Tahun Baru China di Hotel sii.in"M La, Jakarta, kemarin.
Sesuai dengan tradisi China kue Nian Gao itu harus ada selama perayaan Tahun Ban) China yang jatuh pada 14 Februari mendatang. Kue Nian Gao merupakan simbol keberuntungan bagi umat. Hal itu terkait dengan legenda China saat pergantian tahun dewa dapur datang kepada setiap rumah untuk mengevaluasi penghuninya.
Tidak itu saja deretan patung hewan yang melambangkan dua belas shio menghiasi lobi hotel. Tampak juga di arena restoran Shang Palace dan Satoo, dipasang Ang Pao yang menggelayut di pohon pussy willow. Restoran China Shang Palace menjadi fokus perayaan Tahun Baru China. Khusus pada malam harinya, jelang memasuki tahun Macan itu. Shang Palace menyiapkan menu pilihan yakni menu gold, diamond dan jade Director of Communications Shangri-La Hotel Ratna Sjamsiar Idris mengatakan, tersedia menu Yu Sheng yaitu salad berwarna-warni yang disajikan bersama ikan mentah. Ikan mentah melambangkan kehidupan yang baru, sementara kata yu dalam bahasa China juga dipergunakan untuk merepresentasikan kesejahteraan.
Menariknya lagi, di hotel itu juga menyediakan Roda Keberuntungan yang diputar pada 13 dan 14 Februari. Caranya setiap belanja Rp. 3,888,000 nett di Shang Palace, Satoo restoran. Grand Ballroom. Tamu mendapat kesempatan untuk memutar roda keberuntungan yang terdiri atas 12 lambang shio. "Jika panah menunjuk pada lambang Macan, tamu berhak untuk mengambil undian mendapatkan salah satu hadiah. Yaitu hadiah gratis keanggotaan Platinum Club, Health Club, voucher menginap, spa dan masih banyak lagi. Sedangkan pada puncak perayaan imlek nantinya akan digelar pertunjukan Liong dan Barongsai," jelasnya.Tahun Baru China atau dikenal juga dengan Festival Musim Semi dirayakan dua bulan setelah Festival Musim Dingin. Festival musim dingin merupakan satu dari tiga festival penting dalam penanggalan China. Selain itu festival perahu naga dan festival pertengahan musim gugur atau dikenal dengan festival kue bulan,

Sumber : http://bataviase.co.id/detailberita-10569310.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar