Kamis, 18 Februari 2010

PIRAMIDA PANDUAN MAKANAN

Patokan dengan perencanaan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan denagn kebutuhan tubuh.

Pada dasar piramida ada kelompok karbohidrat ( nasi, roti, mi, bihun, pasta , sereal ) yang merupakan sumber energi utama. Kelompok ini boleh diasup denagn porsi terbesar, 60-70 %

Baris kedua adalah kelompok serat yang merupakan sumber vitamin dan mineral. Kelompok ini masih boleh diasup denagn porsi banyak tetapi tak sebanayk porsi karbohidrat. Kotak sayur lebih besar dari kotak buah menandakan, sayur perlu diasup lebih banyak daripada buah.

Baris ketiga yang terdiri atas dua kotak merupakan kelompok sumber protein dan mineral. Kotak kanan adalah makanan sumber protein hewani dan nabati. Kotak kiri adalah susu dan produknya. Baris ketiga menyempit dibanding baris sebelumnya, yang berarti kebutuhannya lebih sedikit. Karena kelompok ini mengandung cukup banyak lemak.

Kolom puncak terdiri atas kelompok lemak dan minyak . Yang termasuk di dalamnya antara lain : minyak goreng, lemak dari daging sapi / ayam, saus salad, minuman bersoda, permen dan coklat. Kelompok ini menghasilkan banyak kalori namun sedikit kandungan gizinya. Karenanya dianjurkan untuk mengkomsumsinya sedikit saja. .

Sumber : http://www.infokulit.com/food_detailed.php?food_id=4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar